0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Penghujan, Sukoharjo Rawan Tiga Bencana Alam

timlo.net/putra kurniawan

Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto

Sukoharjo — Awal musim penghujan hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sukoharjo masuk peta rawan bencana angin puting beliung. Selain itu, sebagian wilayah juga masuk daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

“Pada awal musim penghujan ini kita sudah melakukan antisipasi potensi bencana alam seperti banjir, angin ribut dan tanah longsor. Kita sosialisasi melalui jaringan kita yang berada di tinkat desa untuk mewaspadai potensi bencana alam,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Jumat (20/11).

Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) untuk tahun ini memetakan seluruh wilayah di Sukoharjo berpotensi terdampak angin puting beliung. Pasalnya, dari pengalaman sebelumnya, banyak kejadian angin ribut yang tidak sesuai prediksi awal.

Sedangkan untuk tanah longsor, tiga kecamatan di bagian selatan Sukoharjo yang paling berpotensi terdampak. Pasalnya, di tiga kecamatan, Tawangsari, Bulu dan Weru merupakan daerah perbukitan, namun tidak terlalu mengkhawatirkan karena pemukiman warga cukup jauh.

“Kalau banjir saat ini memang masih cukup aman karena tinggi muka air masih cukup rendah, hanya saja kita sudah mulai antisipasi dengan menguatkan jaraingan kita di tingkat bawah, daerah rawan masih sama, sekitar Grogol, Mojolaban, Polokarto,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge