0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puluhan Makam Diduga Diratakan Untuk Kandang Babi

timlo.net/putra kurniawan

Warga memasang boneka pocong di kandang babi pencaplok makam

Sukoharjo — Selain mengeluhkan limbah bau peternakan babi di Dusun Suronandan, warga juga meminta tanah makam leluhur mereka dikembalikan. Pasalnya, pemilik peternakan diduga telah menutup sebagian tanah makam untuk pengembangan peternakan babi.

“Kita tidak tahu persisnya kapan mulai ditutup, namun saat kita ke makam itu, sebagian makam sudah ditimbun tanah dan diatasnya dijadikan kandang babi, kita minta makam itu dikembalikan ke bentuk semula,” kata salah satu warga, Tukidi, Jumat (20/11).

Dari luas awal makam 350 meter persegi, namun saat terakhir kali dikunjungi warga tinggal 200 meter persegi saja. Sedangkan sisanya seluas 150 meter sudah berubah menjadi kandang babi baru, sehingga memancing reaksi warga.

Warga menuntut makam segera dikembalkan ke bentuk semula dalam waktu tiga hari sejak dilakukan aksi unjuk rasa ini. Jika tidak mendapat tanggapan, warga mengancam akan menutup paksa kandang babi yang sudah beroperasi lebih dari 10 tahun ini.

“Kalau pengurukannya kapan persisnya saya tidak tahu, tapi memang ada makam yang diurug untuk perluasan kandang babi, mungkin sudah dua tahun nan ini mulai mengurugnya,” tandas salah satu petugas jaga peternakan, Bambang Yunianto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge