0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dampak Jika Orang Menahan Buang Air Besar

Perut mulas. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Banyak orang lebih memilih menunggu hingga mereka berada di lingkungan yang sama dan familiar sebelum buang air besar. Banyak orang rela menahan diri untuk tidak buang air besar selama berjam-jam. Padahal menunda hal ini bisa lebih berbahaya dari yang kita pikirkan.

Bahkan beberapa ahli kesehatan memperingatkan kita akibat negatif menahan buang air besar bagi kesehatan. Mulai dari rasa tidak nyaman hingga bahkan kematian jika ditahan terlalu lama. Selain itu, jika orang bisa mengalami disfungsi pada otot-otot yang digunakan untuk buang air besar bila mereka menahan diri terlalu lama.

Dalam skenario terburuk, orang bisa mengalami impacted bowel, kondisi di mana tinja dalam jumlah banyak menumpuk di dubur, mengakibatkan sembelit kronis. Bila tidak dirawat, impacted bowel harus dioperasi, kata para ahli.

Dalam video Discovery News yang dirilis minggu ini, Amy Shira Teitel menjelaskan hal ini. “Anda mungkin sedang terbang dengan menggunakan pesawat dan memilih menunggu daripada pergi ke toilet pesawat,” katanya.

Kyle D Staller, seorang gastroenterologist dari Massachusetts General Hospital berkata jika ditahan terlalu lama, semua sampah dan racun akan menumpuk di perut. “Dan seiring penumpukan sampah di tubuh, hal ini bisa menyebabkan impacted bowel. Kadang-kadang diperlukan operasi untuk menanganinya, dan jika tidak dirawat impacted bowel bisa membunuh Anda,” terangnya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge