0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilkada Solo, 1.000 Pengawas TPS Siap Bekerja

Ketua Panwslu Solo, Sri Sumanta (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Sebanyak 1.000 pengawas TPS yang menjadi kepanjangan tangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo siap bekerja mulai pekan ini. Panwaslu mewanti-wanti agar para pengawas TPS menjaga independensi dalam menjalankan tugas.

“Pelantikan dilakukan bertahap per kecamatan mulai Senin (16/11) lalu,” kata Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta kepada wartawan, Jumat (20/11).

Dijelaskan, para pengawas TPS bertugas mulai H-23 hingga H+7. Setiap pengawas TPS bertanggung jawab mengawasi satu TPS. Untuk menjaga kondusivitas, setiap pengawas TPS diharuskan bisa berlaku netral.

“Yang jelas syarat pengawas TPS adalah netral. Kalau tidak netral dikhawatirkan mempunyai kepentingan terhadap salah satu pihak sehingga tidak bisa bekerja maksimal, ” bebernya.

Komitmen untuk netral itu ditegaskan dalam surat pernyataan yang ditandatangi pengawas TPS ketika proses seleksi dimana para pengawas TPS bukan salah satu pendukung pasangan calon (Paslon).

“Unsur netralitas ini penting karena jika tidak dimiliki pengawas TPS dapat berlaku tegas. Kami akan memberikan sanksi jika diketahui ada pengawas TPS yang tidak netral,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge