0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Alternatif Lain Jika Kontrak Freeport Tidak Diperpanjang

PT Freeport (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengaku sudah menyiapkan perusahaan nasional yang bakal mengelola tambang jika kontrak Freeport tidak diperpanjang. Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga belum mau bicara soal perpanjangan kontrak Freeport.

“Kami malah mengusulkan kita buat Freeport seperti Mahakam, jadi milik negara dan dikelola Pertamina yang cari partner siapa saja. Bisa saja Freeport milik Indonesia kalau kontraknya sudah habis,” tegasnya, Kamis (19/10).

Dia menambahkan, Jokowi juga memberi kepada Freeport seperti, smelter harus jadi, local content, divestasi harus ada dan pemberdayaan masyarakat harus jalan. Jika itu tidak dipenuhi, maka tahun 2021 pemerintah siap mengambil alih tambang emas Grasberg.

“Kami tidak punya atensi atau keinginan negoisasi perpanjangan kontrak sebelum 2019. Anda pegang itu, Presiden tidak mau. Dia selalu katakan, smelter harus jadi, local content harus ada, divestasi harus ada dan pemberdayaan masyarakat harus jalan,” kata Luhut.

“Kalau itu tidak bisa dilakukan Freeport, tahun 2021 pemerintah Indonesia yang ambil. Itu bukan green field, artinya risiko mengoperasikan itu tidak menjadi masalah,” tambahnya.

Saat dirinya ke Amerika Serikat pada pekan lalu, dirinya juga tidak membicarakan perpanjangan kontrak PT Freeport pada pejabat Amerika Serikat. Selain itu, dia juga tak membicarakan pembagian keuntungan dengan pejabat Amerika Serikat.

“Tanya Menteri ESDM (upaya penagihan). Saya tidak pernah bicarakan itu di AS. Saya murni membicarakan rencana kunjungan presiden ke AS,” tuturnya.

[did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge