0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

50 Supeltas Solo Apel Siaga Peduli Pilkada

Apel Siaga Supeltas Peduli Pilkada Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Sebanyak 50 anggota Sukarelawan Pengatur Lalu-lintas (Supeltas) menggelar Apel Siaga Supeltas Peduli Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo di bundaran Baron, Jumat (20/11). Melalui apel itu, Supeltas berkomitmen mensukseskan Pilkada Solo, 9 Desember mendatang.

“Kami menyambut baik Pilkada Solo karena itu kan untuk kepentingan umum, demi kebaikan masyarakat Surakarta,” kata Ketua Supeltas Martin Hidungorang saat ditemui di usai apel.

Apel Siaga Supeltas Peduli Pilkada Solo dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Agus Sulistyo. Dalam apel itu, disematkan pula rompi Supeltas bertuliskan “Supeltas Solo Memilih 9 Desember 2015 Sukses” di bagian belakang.

Martin melanjutkan, tulisan pada rompi Supeltas diharapkan bisa ikut mengingatkan masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember nanti. Hal ini mengingat setiap hari, dari pagi sampai sore, Supeltas bertugas di titik-titik perempatan.

“Tulisan pada rompi ini kan akan dilihat. Mereka yang lewat kan ribuan orang,” ujarnya.

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengatakan apa yang dilakukan Supeltas merupakan misi kerelawanan, ikhlas dan tanpa tendensi. Sosialisasi pada rompi Supeltas dipandang efektif karena dapat dibaca ribuan orang.

“Sosialisasi model ini sangat efektif karena setiap orang yang berlalu lalang akan membaca,” jelasnya.

Untuk memastikan berlaku netral, Agus sudah memberikan rambu-rambu kepada Ketua Supeltas agar mengarahkan anak buahnya untuk tidak memakai simbol yang mengarahkan pada pasangan calon tertentu. Misalnya peragaan dua jari atau satu jari.

Ditambahkannya, sosialisasi oleh Supeltas diharapkan bisa ikut mendongkrak partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen sesuai yang ditarget KPU.

“Piileg (Pemilihan Legislatif) 2014 lalu, partisipasinya 76 persen, Pilpres 82 persen dan Pilkada ini ditarget 77,5 persen. Ini bukan hal mudah, maka kita rangkul semua elemen masyarakat termasuk Supeltas,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge