0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak PTS Belum Tahu Kelola Jurnal Elektronik

timlo.net/eko prasetyo

Sri Hartinah

Solo – Saat ini masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum mengetahui secara detil bagaimana pengelola jurnal ilmiah secara elektronik. Padahal semua pengelolaan jurnal ilmiah mulai 2016 mendatang wajib menggunakan elektronik.

“Kewajiban itu sesuai ketentuan dalam Peratuan Direktur Jenderal (Perdirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) No. 1/2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah,” jelas Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI), Sri Hartinah kepada Timlo.net, di Paragon Mall, Solo, Kamis (19/11) malam.

Hartinah mengatakan, saat ini LIPI mencatat ada sekitar 7.000 jurnal di Indonesia. Dari jumlah tersebut, yang terakreditasi Dikti ada sekitar 250 jurnal. Sedangkan jurnal yang terakreditasi LIPI sekitar 500 jurnal. Namun dari 500 jurnal tersebut, baru sekitar 200 jurnal sudah di-online-kan.

“Oleh karena itu kami gencar melakukan sosialisasi tentang pedoman akreditasi terutama kerjasama dengan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta,” ujarnya.

Sosialisasi tersebut mencakup penjelasan tentang pentingnya mendapatkan International Standar Serial Number (ISSN). Hal itu terutama bagi pengelola jurnal yang tercetak, jika nanti menggunakan elektronik, juga harus mendaftarkan ulang dan mendapatkan ISSN elektronik.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge