0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LIPI Ekspo di Mall

timlo.net/eko prasetyo

LIPI Ekspo di Mall

Solo – Selama empat hari berturut-turut, mulai tanggal 19 – 22 Nopember 2015, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar ekspo Pekan Inovasi Teknologi di Atrium Mall Solo Paragon.

“Kami memamerkan berbagai produk riset, termasuk hasil penelitian yang kemudian dipraktekkan sebagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” ungkap Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI, Sri Hartinah saat ditemui Timlo.net, di sela-sela ekspor di Atrium Mall Solo Paragon, Kamis (19/11) malam.

Hartinah mengatakan, Pekan Inovasi Teknologi LIPI di Solo kali ini diikuti oleh sekitar 30 stan. Seluruh yang dipamerkan merupakan hasil penelitian, mulai Jala Sangkuriang atau alat membantu proses pemijahan ikan air tawar, kursi roda yang dikendalikan sinyal otak, hasil penelitian siswa dan mahasiswa. Juga hasil penelitian yang dikemudian dikembangkan para UMKM, seperti kripik wader, kripik udang, brownis jowo, balung ketek, dan sebagainya.

Ekspo, menurut Hartinah, sengaja digelar di mall, agar lebih menyasar masyarakat luas. Karena mall merupakan salah satu tempat kerumunan masyarakat. Sehingga produk-produk hasil penelitian dan produk hasil pengembangan UMKM bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

Seperti halnya, Jala Sangkuriang yang merupakan salah satu produk riset tim Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI) LIPI merupakan alat yang digunakan untuk membantu proses pemijahan ikan di air tawar. Pada ekspo kali ini sengaja dikolaborasikan dengan alat sensor untuk memonitor ph air, oksigen, dan suhu, yang bisa dipantau secara online.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge