0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Furqon: UKG Harus Berangkai

Pakar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd (dok.timlo.net/ist)

Solo — Guru Besar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Furqon Hidayatullah menyatakan, Uji Kompetensi Guru (UKG) yang saat ini berlangsung seharusnya berangkai. Karena kompetensi mencerminkan kinerja.

“Kalau sekarang belum, tidak apa-apa. Tetapi ke depan harus berangkai,” tandas Furqon kepada Timlo.net saat diminta komentarnya tentang pelaksanaan UKG, Kamis (19/11).

Furqon yang sekarang menjabat Direktur Pascasarjana UNS mengemukakan, berangkai dalam arti uji kompetensi yang dilakukan tidak hanya sebatas mengetahui hasilnya, tetapi dilakukan kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Menurutnya, hasil uji kompetensi bisa mengukur kemampuan guru dalam menjalankan tugas profesional guru, sesuai kompetensi guru yang meliputi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru mengajar, memahami karakteristik peserta didik. Kompetensi kepribadian berkaitan dengan kemampuan guru yang seusai dengan tata nilai maupun norma dalam masyarakat. Kompetensi sosial, meliputi kemampuan bekerja sama, berkomunikasi, pandai bergaul, toleran, menyenangkan. Kompetensi profesional, yaitu kemampuan dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran.

Saat diminta komentar tentang hasil sementara UKG yang masih di bawah standar, mantan Dekan FKIP UNS tersebut mengatakan, perlu ada pembinaan berkelanjutan berkali-kali. Tidak boleh dibina sesaat saja. Sebab kompetensi di lapangan belum tentu cocok.

“Adanya pembinaan guru berkelanjutan, diharapkan mendekati kompetensi yang diharapkan atau seharusnya,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge