0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Freeport Tak Diperpanjang, Indonesia Bagai Dapat Durian Runtuh

Rizal Ramli (merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia digambarkan akan mendapatkan ‘durian runtuh’ apabila kontrak PT Freeport Indonesia tak diperpanjang. Keuntungan akan didapat Indonesia jika kontrak karya Freeport dikembalikan untuk dikelola pemerintah Indonesia.

“Tapi kalau seandainya Freeport ngotot tidak mau penuhi, kembalikan Kontrak Karyanya karena Indonesia akan dapat durian runtuh,” kata Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, Rabu (18/11).

Rizal menegaskan, cadangan emas yang dimiliki perusahaan tambang raksasa tersebut mencapai 16 juta kilogram (kg). Sementara, cadangan devisa emas yang dimiliki Bank Indonesia hanya 100.000 kg.

“Bayangin kalau setengahnya saja kita masukin ke dalam cadangan devisa BI, rupiah menguat ke berapa? Bisa menguat ke Rp 2.000 per USD,” tegas dia.

Untuk itu, dia meminta PT Freeport Indonesia mematuhi syarat-syarat yang diajukan Presiden Joko Widodo apabila ingin kontrak diperpanjang hingga 2041. Adapun syarat-syarat yang diajukan Jokowi antara lain pembayaran royalti kepada pemerintah yang lebih tinggi, tidak membuang limbah sembarangan dan mencemari lingkungan, melakukan pelepasan saham (divestasi), pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian tembaga (smelter), dan memperbaiki lingkungan.

“Kalau itu dipenuhi, bisa dilanjutkan (kontrak Freeport),” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge