0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Jadi, Taman Kota Ini Sudah Jadi Tempat Kencing

Taman Dewa Ruci yang sedang direvitalisasi (dok.timlo.net/daryono)

Solo —┬áKesadaran masyarakat merawat dan menjaga taman dinilai masih rendah. Perilaku masyarakat yang merusak taman seperti kencing di taman, mencuri lampu penerang dan menggunakan taman untuk berdagang masih kerap terjadi.

“Kesadaran masyarakat masih kurang. (Taman) Ini belum jadi saja, malah sudah dipakai untuk tempat kencing,” kata Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno, saat meninjau revitalisasi Taman Dewa Ruci di timur Terminal Tirtonadi, Solo Rabu (18/11).

Untuk mengatasi rendahnya kesadaran masyarakat menjaga taman, Sukasno meminta pemerintah kota (Pemkot) bertindah tegas. Pemkot bisa mencontoh Pemkot Surabaya yang memberikan sanksi tegas kepada warga yang merusak taman.

“Di Surabaya, orang kencing di taman kan dihukum dengan menyiramkan 20 ember air. Sederhana tetapi orang akan jera. Setiap taman ada penjaganya. Kedepan perlu ada regulasi, kalau perlu perwali (peraturan walikota),” ujarnya.

Terkait revitalisasi Taman Dewa Ruci, Sukasno menyarankan Dinas Pekerjaan Taman (DKP) menambah pohon-pohon peneduh. Melihat kondisi di lapangan, jumlah tanaman hijau di rasa kurang sehingga taman terlihat gersang. Apalagi, konsep Taman Dewa Ruci bakal dijadikan taman terbuka. Masyarakat di sekitar terminal bisa menikmati taman dengan pemandangan air mancur, kolam dan patung Dewa Ruci.

Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan menerangkan revitalisasi Taman Dewa Ruci menghabiskan anggaran Rp 255 juta. Revitalisasi itu menyasar penggantian patung Dewa Ruci, pembuatan kolam dan air mancur serta pedestrian di dalam taman.

“Patungnya terbuat dari tembaga, dikirim besok. Agar di sini tidak gersang, nanti tanaman-tanaman yang berada di taman-taman yang gemuk akan kita pindah ke sini. Beberapa kursi bekas dari Manahan saat ini sedang di cat dan nanti akan kita pasang di sini,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge