0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Justin Bieber Tweet #PrayForJapan, Para Penggemar Bingung

Tweet #PrayForJapan

Dok: Timlo.net/en.rocketnews24.com

Tweet #PrayForJapan

Timlo.net—Sabtu pagi, 14 November, banyak Belieber (penggemar Justin Bieber) di Jepang dan warga Jepang umumnya bangun dan mengecek Twitter mereka seperti biasanya. Tapi mereka terkejut saat membaca Justin Bieber mendoakan Jepang dalam tweetnya di mana dia juga berdoa untuk Paris dengan hasthtag #PrayForParis dan #PrayForJapan.

Tentunya hal ini membingungkan warga Jepang dan mereka bertanya-tanya kenapa Justin perlu mendoakan mereka bersama dengan warga Paris yang saat itu terkena musibah padahal tidak ada satu pun yang terjadi di Jepang.

Netizen di Jepang pun berkomentar:

“Kenapa Jepang?”

“Apa yang terjadi? Satu-satunya berita buruk yang saya dengar adalah rating baseball kalah dengan rating sepak bola.”

“Apa yang Justin tahu?!”

“Bisakah dia melihat masa depan?!”

“Saya tidak alasannya kenapa, tapi doa selalu baik. Terima kasih, Justin!”

Mereka akhirnya menyadari jika dia menulis tentang gempa bumi yang terjadi di Kushu hari itu, yang memicu peringatan tsunami di area itu. Padahal gempa itu tidak menjadi berita besar di Jepang karena hal itu seringkali terjadi. Tidak ada kerusakan apapun yang terjadi.

Yang lebih parah, ternyata sebuah tweet menyebar menyatakan jika 18.000 orang mati dalam gempa bumi itu, padahal kenyataannya gempa bumi yang terjadi pada Jumat itu tidak memakan korban jiwa.

Peristiwa bencana alam di mana sebanyak 18.000 orang Jepang meninggal sebenarnya terjadi pada gempa bumi 2011 di Tohoku. Dan kala itu, hashtag #PrayForJapan rupanya digunakan banyak orang untuk menunjukkan dukungan mereka.

Setelah serangan di Paris dan Beirut, banyak hashtag #PrayForParis dan #PrayForBeirut, #PrayForBaghdad dan #PrayForMexico. Lama-kelamaan hashtag #PrayForJapan juga dimaksudkan dalam tweet.

Kesimpulannya, fenomena ini menegaskan kembali jika berita palsu bisa menyebar dengan cepat tanpa adanya kontrol. Oleh karena itu sebagai pengguna Internet kita diharuskan cerdas untuk mengecek terlebih dahulu kebenaran berita yang kita baca di internet sebelum memutuskan untuk menyebarkannya.

Sumber: En.RocketNews24.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge