0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPU Desak Rekanan Segera Perbaiki Jalan Desa Gaum

Kondisi jalan Dusun Maguan, Gaum, Tasikmadu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Kasus penutupan jalan Dusun Maguan, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu oleh warga sekitar karena kualitas jalan yang asal-asalan terus bergulir. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Karanganyar mendesak pihak rekanan untuk segera melakukan perbaikan. Bahkan DPU menyarankan agar jalan tersebut untuk diaspal.

“Kami sudah mengecek langsung proyek jalannya. Proyek itu adalah proyek penunjukan dan tidak melalui lelang,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabuapten Karanganyar Edhy Sriyatno, Rabu (18/11).

Edhy menegaskan, DPU langsung melakukan rapat koordinasi dengan rekanan penggarap proyek dan sejumlah jajaran terkait. Kerusakan ruas jalan yang ada di Maguan tersebut, dimungkinkan karena pihak dari rekanan kurang dalam melakukan pemeliharaan dan pengawasan, setelah proses betonisasi tersebut selesai. Seharusnya, setelah proses pembangunan selesai, ada pemeliharaan tertentu agar beton lebih awet.

“Seharusnya setelah dicor ada pemeliharaan tertentu seperti dibasahi dulu dan dibiarkan sampai kuat sebelum dilewati,” kata Edhy.

Saat ditanya tidak adanya papan pengumuman terkait dengan proyek tersebut, Edhy juga menyayangkan pihak rekanan yang tidak memasang papan tersebut. Padahal, semua proyek yang dikerjakan baik itu sistem lelang ataupun penunjukan harus disertai dengan papan pengumuman proyek.

“Mestinya ada papan pengumuman yang berisi spesifikasi proyek dan nilai proyek,” kata Edhy.

Sementara itu, pantauan di ruas jalan Dusun Maguan, Desa Gaum, Tasikmadu, Rabu (18/11), masih ditutup sebagian. Batu-batu masih berserakan di sepanjang jalan alternatif Tasikmadu-Mojogedang tersebut. Warga yang melewati harus ekstra hati-hati agar tidak menabrak batu yang berserakan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge