0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menlu : Aksi Terorisme Selalu Dilatarbelakangi Persoalan Ekonomi

merdeka.com

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Timlo.net — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa aksi terorisme di Paris, Prancis menjadi pembahasan dalam pertemuan Asian Minister Committee dalam forum KTT APEC, Manila, Filipina.

“Saya coba tarik peristiwa dari Paris, kita semuanya dalam suasana berduka karena adanya serangan teroris Paris,” kata Retno di Hotel New World, Filipina, Selasa (17/11).

Menurut Retno, Indonesia sudah memiliki cukup pengalaman dalam hal menghadapi aksi terorisme. Berdasarkan pengalaman-pengalaman tersebut, aksi terorisme selalu dilatarbelakangi persoalan ekonomi.

“Kemudian kita bicara tentang masalah bagaimana kita mengatasi terorisme dan ekstrimisme dan salah satunya kita meng-adress isu, memfokuskan diri pada akar masalah terorisme. Nah akar masalah yang dimaksud antara lain bisa berupa development care (masalah pembangunan),” papar Retno.

Oleh karena itu, lanjut Retno, Indonesia menekankan pentingnya pertumbuhan yang inklusif dan membangun masyarakat yang tangguh dengan harapan persoalan ekstrimisme bisa ditekan.

“Dan banyak sekali delegasi lain yang memiliki pandangan senada,” ujar Retno.

Lebih lanjut Retno mengatakan, dalam forum APEC kali ini, Indonesia memperjuangkan 3 isu besar, yakni soal kemaritiman, pengembangan produk-produk lokal dan konektivitas.

[ren]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge