0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paska Teror di Paris, Pengamanan Bandara Adi Sumarmo Diperketat

timlo.net/nanin

Pemeriksaan penumpang di Bandara Adi Sumarmo diperketat paska bom di Paris

Boyolali — Otoritas Bandara Adi Sumarmo, PT Angkasa Pura I, mulai memperketat pengamanan paska teror bom di Paris yang mengakibatkan 158 orang tewas. Pengetatan pengamanan dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi aksi serupa.

“Pemeriksaan calon penumpang kita perketat, termasuk penambahan jumlah personil dari TNI AU untuk melakukan pengamanan di Bandara,” ujar General Manager PT Angakasa Pura 1, Abdullah Usman, Selasa (17/11).

Sementara untuk pemeriksaan penumpang, biasanya barang bawaan yang diperiksa melalui scanner. Namun kali ini, pemeriksaan juga dilakukan terhadap penumpang yang mengenakan benda logam, seperti ikat pinggang dan jam tangan.

“Kalau alat pendeteksi logam berbunyi, kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

Hal ini mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional dan Surat Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kewajiban Perbaikan Sistem Keamanan Bandar Udara. Sementara bandara merupakan salah satu akses pintu masuk orang dari berbagai penjuru dunia. Sehingga upaya antisipasi terjadinya teror bisa dicegah sedini mungkin.

“Kita antisipasi sejak dini, jangan sampai kecolongan,” imbuhnya.

Disisi lain, salah satu calon penumpang, Taufik, mengaku mengapresiasi pengetatan pengamanan di Bandara. Meski terkesan ribet, karena harus melepas ikat pinggang, Taufik mengaku tidak mempermasalahkan.

“Ribet juga sich, tapi ya ndak papa, demi keselamatan bersama,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge