0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tradisi Merti Tuk, Lestarikan Sumber Air

timlo.net/nanin

Tradisi Metri Tuk di Dusun Kuncen, Desa Samiran, Selo

Boyolali — Masyarakat di kaki Gunung Merapi-Merbabu tepatnya di Dusun Kuncen, Desa Samiran, Selo, mengelar tradisi Merti Tuk. Tradisi turun temurun ini sebagai upaya untuk melestarikan sumber air yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Tradisi Merti Tuk digelar di empat mata air.

Puluhan warga Dusun Kuncen, berbondong-bondong menuju ke lokasi sumber mata air. Mereka membawa sesaji, seperti nasi tumpeng, lauk pauk dan pala kependem. Nantinya sesampai di sumber mata air, warga mengelar kenduri. Satu tumpeng yang dibawa diletakkan di dekat sumber mata air.

“Ini sudah turun temurun kita lakukan, selama ini warga sangat mengandalkan air dari empat sumber tersebut,” kata Martorejo, Selasa (17/11).

Empat sumber yang menjadi andalan warga, Tuk Tretes, Tuk Dadapan, Tuk Tampung dan Kali Tampah. Bila musim kemarau, air di empat tuk tersebut menjadi andalan warga. Apalagi saat musim kemarau, sumber air tidak pernah mengering.

“Kalau musim kemarau tahun ini, hanya Tuk Tampah yang airnya berkurang,” tambah Martorejo.

Sementara itu, menurut salah satu tokoh pemuda, Widodo Ripto Hartono, Merti Tuk tidak hanya sekedar memberikan sesaji, namun juga memberikan kesadaran bagi warga untuk ikut bagaimana menjaga sumber air tetap mengalir. Salah satunya dengan tidak menebang pohon-pohon besar yang berada disekitar sumber air.

“Kalau sesepuh kita dulu sering menasehati ora ilok negor wit neng sekitar sumber, ternyata memang ada hikmahnya,” ujar Widodo.

Selain Metri Tuk, warga bersama sejumlah kelompok tani juga menggelar Sambung Roso Metri Tuk dengan menghadirkan sejumlah nara sumber. Seperti dari Pemerintah Desa Samiran, Balai Taman Nasional Gunung Merapi dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boyolali. Temanya, jangan tinggalkan air mata, tinggalkan mata air bagi anak cucu kita.

“Kedepan kita lanjutkan dengan tanam pohon disekitar sumber air,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge