0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KKN UNS Periode 4 Diikuti 2.739 Mahasiswa

Kepala UPKKN LPPM UNS, Rahayu (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) periode ke 4 yang berlangsung mulai tanggal 6 Januari 2016 hingga pertengahan bulan Februari 2016 bakal diikuti sebanyak 2.739 mahasiswa.

“Akan diawali pembekalan terlebih dahulu pada tanggal 21 Februari 2015 mendatang. Pembelakan akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, setiap hari Sabtu,” jelas Kepala UPKKN LPPM UNS, Rahayu kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, LPPM UNS, Solo, Selasa (17/11).

Ke 2.739 mahasiswa, menurut Rahayu, akan tersebar di 434 desa, baik desa seputar eks Karesidenan Surakarta, maupun di sejumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa, seperti Pacitan, Magetan, Demak, Ponorogo dan sebagainya. Bahkan ada pula yang mendapatkan lokasi KKN di luar Jawa seperti Bangka, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan sebagainya. Bahkan ada lokasi di luar negeri di daerah Kinibalu, Malaysia.

“Mereka diawasi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) sebanyak 125 orang,” jelasnya.

Dijelaskan, peserta KKN kemitraan artinya mencari lokasi sendiri berikut ditambah mendapatkan sponsor, pada KKN periode ke 4 mengalami peningkatan pesat dibanding periode sebelumnya.

“Peserta KKN kemitraan yang lokasinya luar Jawa pada periode ke 3 tercatat sebanyak 250 mahasiswa, pada periode ke 4 meningkat menjadi 402 mahasiswa,” jelasnya.

Tema sentral program KKN periode ke 4 kali ini adalah Potensi Ekonomi Kreatif dan Teknologi Pedesaan. Tujuannya untuk hilirisasi produk teknologi yang disalurkan kepada masyarakat, sehingga dibidik lokasi-lokasi yang siap untuk diajak lari membangun dengan teknologi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge