0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

K13 Bikin Siswa Lebih Pede

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Tunggal Widodo (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Kalangan guru menganggap Kurikulum 2013 atau sering disebut K13 lebih efektif dalam membentuk pribadi siswa yang tangguh. Siswa disebut-sebut lebih percaya diri dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun demikian masih diperlukan banyak pembiasaan di kalangan guru sendiri.

“Sekolah kami merupakan salah satu pilotting project Kurikulum 2013 di Wonogiri. Ternyata anak-anak malah senang, sebab pembelajaran tidak hanya di dalam kelas tapi meliputi luar kelas juga. Jadi lebih menyenangkan, selain itu potensi yang ada dalam diri siswa bisa lebih berkembang,” ujar Kepala SD Negeri 1 Tirtomoyo, Purwono, di sela-sela rapat koordinasi antar kepala sekolah pilotting project K13 2015 di Gedung PGRI Wonogiri, Selasa (17/11).

Dikatakan, anak didik paska dikenalkan K13 menjadi terbiasa mengeksplorasi kemampuannya. Kecerdasan anak juga kian terasah.

“Hanya saja memang guru harus lebih terbiasa. Guru harus lebih kreatif lagi,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Tunggal Widodo menerangkan kunci K13 adalah guru. Untuk mencapai pembelajaran yang efektif, guru mesti mengembangkan pola asuhan yang baik.

“Bisa ditempuh melalui sentuhan fisik seperti berjabat tangan, sentuhan pikiran dengan berpola pikir maju, sentuhan pergerakan dengan menyontohkan prestasi, serta sentuhan batiniah melalui keikhlasan mengajar,” terang Tunggal.

Ditambahkan, pembiasaan guru terhadap kreativitas tersebut, mutlak diperlukan. Terlebih dalam K13, penilaian juga menyasar pada sisi proses pembelajaran. Bukan hanya sisi hasil pembelajaran seperti kurikulum lainnya.Sedang,Disdik Wonogiri tahun ini memiliki sejumlah sekolah pilotting project K13. Meliputi 12 SD, delapan SMP, empat SMA, dan tiga buah SMK.

“Masih banyak rekan guru yang agak kesulitan dalam hal penilaian. Mengingat banyak aspek harus diperhatikan, seperti aspek kelakuan baik,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge