0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bilik Suara yang Dicuri Hampir 14 Ton

timlo.net/agung widodo

Wakapolres Sragen, Kompol Yudy Arto Wiyono menunjukkan dua buah truk yang digunakan untuk mengangkut bilik suara curian milik KPU Sragen.

Sragen – Bilik suara dan kotak suara milik KPU Sragen dicuri dengan menggunakan dua buah truk yang dilakukan secara bertahap. Sebelum diangkut, pelaku utama, Budiman (B) alias BHW (43), warga Jamangantit RT 2, Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar dan Supriyanto (S) alias P (43), warga Brojol RT 01, Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, terlebih dahulu mencari ahli kunci agar bisa membuka gudang KPU di Mageru, Kelurahan Sragen Tengah.

“Diangkut dengan dua truk. Ini dilakukan tidak hanya sekali tapi bertahap pada awal Agustus. Kemudian dua minggu setelahnya dilakukan lagi menggunakan truk yang berbeda. Sekarang truknya sudah kita amankan,” kata Kapolres Sragen AKBP Ari Wibowo saat menggelar keterangan pers di Mapolres Sragen, Senin (16/11).

Kapolres mengungkapkan, pencurian bilik suara tersebut berawal dari kepindahan gudang KPU di Kelurahan Nglorog, Kecamatan Sragen menuju gudang baru KPU di Mageru, Kelurahan Sragen Tengah. Saat itu pelaku yang berprofesi sebagai penjual barang-barang rongsokan mendengar ada informasi KPU Sragen akan melakukan pelelangan barang.

“Tapi ternyata tidak ada (lelang – Red). Tersangka hanya mau mengecek saja. Pada saat yang bersamaan itu ada kepindahan gudang dari Nglorog ke Mageru. Saat itu tersangka mengikuti kepindahan tempat ini. Jadi secara pasti tersangka mengetahui,” ungkap Ari Wibowo.

Bilik hasil curian kemudian diangkut dengan menggunakan dua buah truk secara bertahap ke Karanganyar. Tahap pertama bilik suara yang diangkut menggunakan truk beratnya mencapai 6,8 ton. Sedangkan pada pengangkutan tahap kedua dengan menggunakan truk berbeda, berat bilik suara yang diangkut mencapai 7 ton. Atau bila ditotal bilik suara yang dicuri sebanyak 9.620 buah. Bilik sura tersebut akhirnya dijual di Cepogo, Boyolali.

Sebelum ditangkap salah satu tersangka, yakni Supriyanto (S) alias P sempat melarikan diri hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan Budiman (B) alias BHW sendiri ditangkap di Karanganyar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge