0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kesadaran Politik Perempuan Perlu Dioptimalkan

Tarmuji

Seminar Politik Bagi Perempuan

Wonogiri – Kesadaran berpolitik bagi perempuan di wilayah Wonogiri masih perlu ditingkatkan. Hal itu penting, pasalnya ketika perempuan mampu duduk di kursi dewan, dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perubahan arah kebijakan pemerintahan.

“Politik sebenarnya sudah memberikan peluang bagi perempuan untuk tampil, tapi belum dioptimalkan,” kata Anggota DPRD Provinsi Jateng, Joko Purnomo, dalam acara Seminar Pendidikan Politik Bagi Perempuan di kediamannya, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Sabtu (14/11).

Joko Purnomo menuturkan, perempuan memiliki peluang yang besar untuk menduduki kursi legislatif di berbagai tingkatan. Terlebih secara demografi, jumlah perempuan lebih banyak dibanding laki-laki.

Hanya, kekuatan politik perempuan belum terkonsolidasi dengan baik. Sebagai contoh, dari 45 kursi di DPRD Wonogiri, baru empat diantaranya yang berhasil diduduki kaum perempuan.

“Apalagi ada ungkapan, bahwa di balik lak-laki yang sukses pasti ada perempuan hebat. Artinya pada diri perempuan sebenarnya tersimpan kekuatan mengambil keputusan yang tepat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Mat Nawir mengungkapkan, peluang politik yang terbuka bagi perempuan, sudah semestinya dioptimalkan. Dia mencontohkan ketika ada pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif, perempuan yang merasa memiliki kemampuan, seharusnya ikut mendaftar.

Asteria Dewi, staf Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BP3KB) Provinsi Jateng mengatakan, mendorong partisipasi perempuan, harusnya tidak hanya menjadi perjuangan segelintir orang. Semua pihaknya perlu terlibat membuka kesadaran perempuan untuk berperan aktif.

“Selama ini, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan peran perempuan dalam politik. Namun, ini sebenarnya tidak terlepas dari dorongan undang-undang (UU) yang mensyaratkan kuota 30 persen perempuan dalam lembaga legislatif,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge