0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Seruan Damai Antar Umat Beragama dari Karangpandan

Gerak Jalan Kebersamaan Umat Beragama di Karangpandan, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Deklarasi damai antar umat beragama dilaksanakan warga Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (14/11). Tujuh poin pernyataan sikap, ditandatangani unsur Muspika Karangpandan dan tokoh agama di kecamatan tersebut.

Salah satu poinnya adalah warga Karangpandan bertekad membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antarumat beragama. Usai menyerukan pernyataan sikap, warga mengikuti Gerak Jalan Kebersamaan Umat Beragama, dengan start dari halaman kantor kecamatan.

“Harapannya, Karanganyar, khususnya Karangpandan tetap kondusif. Tujuannya, agar masing-masing umat beragama bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang dan khusyuk,” kata Camat Karangpandan Aji Pratama Heru K.

Deklarasi dan gerak jalan kebersamaan itu mendapat sambutan positif dari sejumlah tokoh. Mereka berharap, kegiatan serupa bisa berkesinambungan, agar umat beragama di Karangpandan hidup rukun dan damai.

Pengurus Pura Kyai I Gusti Ageng Pemacekan dan Pura Parhyangan Sapta Pandita Sumarno berharap ke depan tidak ada konflik antarumat beragama, karena masing-masing berupaya menciptakan kondisi nyaman dan tenteram.

Bedo ning rukun, itu harapan kami di Karangpandan. Dan semoga ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” katanya.

Hal senada diungkapkan Pendeta Matius Sugiyanto dari GBIS El-Shaddai Karangpandan. Matius Sugiyanto mengatakan, hidup rukun saling berdampingan menjadi dambaan seluruh masyarakat.

“Kami ingin Karangpandan ini damai, sejuk dan aman. Masyarakat menyambut positif deklarasi ini,” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Karangpandan Amin Yusupadi mengungkapkan, deklarasi tersebut merupakan salah satu cara membangun ukhuwah keagamaan.

“Umat menyambut baik acara ini dan berharap ke depan ada tindak lanjutnya,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge