0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kirab Budaya Untuk Bangkitkan Kesenian Punah

timlo.net/putra kurniawan

Salah satu peserta kirab budaya Sukoharjo

Sukoharjo — Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (POPK) Sukoharjo menggelar Kirab Seni Budaya dengan tema Sukoharjo Pusering Budaya. Hal ini sebagai salah satu upaya menggali kesenian rakyat yang sudah lama menghilang.

“Tujuan kita untuk kembali membangkitkan kembali kekayaan kesenian dan kebudayaan kita yang sebenarnya cukup banyak, namun sudah menghilang bahkan punah,” kata Kepala Dinas POPK, Suramto, Kamis (12/11).

Dari 19 kontestan, ada dua kesenian yang sudah lama punah akhirnya muncul kembali dalam even seni budaya kali ini. Keduanya adalah, kesenian lesung dimainkan kontestan dari Kecamatan Mojolaban dan Tari Srandul yang akhirnya ada kelompok kesenian yang masih bisa mementaskan.

Selain untuk menggugah seni dan budaya yang sudah mati, dengan even ini juga diharapkan akan muncul kesenian-kesenian baru dari seniman Sukoharjo. Sehingga dari peserta yang mayoritas pelajar, dan siswa sanggar seni ini mampu menciptakan kesenian baru.

“Intinya ada tiga hal yang kita inginkan dari even ini, menggah kesenian, melestarikan dan menciptakan kesenian dan kebudayaan di Sukoharjo,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge