0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Galakkan Sengonisasi, Angkat Ekonomi Kerakyatan

timlo.net/tarmuji

Kunjungan Menkeu Bambang Brojonegor di PT Naga Bhuana Aneka Piranti, Manjung Wonogiri.

Wonogiri — LPEI Indonesia Exim Bank dan PT Naga Bhuana Aneka Piranti membagikan 135 Ribu bibit sengon sebagai bahan baku perusahaan, ke sejumlah Gapoktan di sekeliling perusahaan. Bahkan, tahun depan bantuan bibit akan ditingkatkan. Hal ini sesuai instruksi Menteri Keuangan RI, Bambang Brojonegoro.

“Semuanya disuport Indonesia EximBank, sehingga bantuan ini layak bagi petani penyedia bahan baku (sengon),” ujar Dirut PT Naga Bhuana Aneka Piranti, Gunawan, Kamis (12/11).

Dihadapan Menteri Keuangan RI, dia mengatakan, pola kemitraan ekonomi kerakyatan ini akan dibangun dan tingkatkan terus demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Wonogiri.

“Sesuai perintah Pak Menteri, tahun depan kami akan membantu 1 juta bibit sengon,” katanya.

Sementara itu, Menteri Keuangann (Menkeu) RI Bambang Brojonegoro, berharap pihak perusahaan memberikan pendampingan kepada Gapoktan agar bisa menanam sengon dengan baik sehingga hasilnya memuaskan. Sehingga akan tercipta efect multiplayer.

“Harga belinya supaya disesuaikan dengan pasaran, jadi petani juga benar-benar menikmati keuntungan,” kata Bambang.

Disisi lain, Indonesia Eximbank memberikan suport kepada perusahaan-perusahaan yang sehat. Salah satunya persyaratan yang utama yakni perusahaan yang mau berjanji tidak akan mem-PHK karyawannya.

PT Nagabhuana Aneka Piranti terletak di Desa Manjung Wonogiri, memperkerjakan 1.600 karyawan, dengan luas pabrik 6 Ha dan 2.100 petani sengon terdiri dari 3 Gapoktan. Sedangkan produksi sekitar 300 kontainer per bulan yang di ekspor ke Jepang dan Taiwan.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge