0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, Tak Ada TPS Khusus di RS

merdeka.com

Ilustrasi Pilkada

Solo — Dalam pemilihan calon walikota dan calon wakil walikota Solo, 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tidak menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di rumah sakit dan puskesmas rawat inap. Petugas dan pasien rumah sakit bisa menyalurkan suaranya di TPS-TPS terdekat dari rumah sakit.

“Pasien bisa memilih di TPS-TPS yang berada di dekat rumah sakit tempat mereka dirawat. Saat ini kami sedang menghimpun data, TPS mana saja yang akan memback-up pasien RS yang menunaikan hak pilihnya,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Solo, Pata Hindra Aryanto kepada wartawan, Kamis (12/11).

Tidak adanya TPS khusus, lanjut Pata, lantaran pihak rumah sakit tidak bisa memberikan data pasti pasien di rumah sakit maupun puskesmas rawat inap untuk dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT). Alasannya, pergerakan pasien berubah setiap hari dan tidak bisa diprediksi. Padahal dasar pembentukan TPS adalah adanya DPT.

Bagi pasien, lanjut Pata, akan ada petugas Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) yang akan berkeliling ke RS. Namun, pasien harus mengisi formulir A5. Sedangkan petugas RS dan keluarga pasien yang ingin mencoblos di TPS dekat rumah sakit harus membawa formulir A5 dari TPS asal.

“Menggunakan hak pilih di TPS terdekat RS atau puskesmas bisa dilakukan dengan mempertimbangkan ketersediaan surat suara di TPS tersebut. Sebab di setiap TPS, hanya memperoleh alokasi surat suara sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari jumlah itu sebagai cadangan.Yang diutamakan untuk menunaikan hak pilih tetaplah warga yang sudah masuk dalam DPT,” jelas Pata.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge