0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada, Sutiyoso: BIN harus terpercaya dan akuntabel

merdeka.com

Sutiyoso

Timlo.net – Jelang Pilkada serentak pada Desember nanti, Badan Intelijen Negara (BIN) ikut andil dalam menjamin kesuksesan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 269 Daerah se-Indonesia.

Tugas BIN dalam Pilkada adalah menjadi garda terdepan dalam keamanan dan ketertiban negara termasuk untuk melakukan pencegahan dini terkait potensi konflik yang akan terjadi saat Pilkada.

“Tugas BIN dalam UU 17 tahun 2014 tentang Badan Intelejen Negara dicantumkan bahwa status BIN adalah garda terdepan dalam keamanan negara dan harus ada tugas pokok dalam pencegahan dini termasuk saat Pilkada,” kata Kepala BIN, Sutiyoso, Kamis (12/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga telah meminta kepada jajarannya untuk mengumpulkan sekaligus memantau segala kemungkinan yang akan terjadi saat Pilkada berlangsung. Maka dari itu, sejak jauh hari, dia mengaku telah memerintahkan untuk bekerja cepat, tepat dan akurat.

“BIN sebagai intelijen negara maka produk dari BIN harus terpercaya dan akuntabel tidak boleh salah, harus cepat, tepat dan akurat,” tegasnya.

Untuk teknis, Sutiyoso menambahkan dirinya telah mengoordinasikan kepada Komite Intelejen Daerah (Kominda) untuk memantau segala perkembangan yang terjadi di daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

Dia juga mengingatkan untuk mengantisipasi terjadinya konflik horizontal antar pendukung masing-masing pasangan calon, seluruh jajaran intelijen harus mulai intensif melaporkan temuan di lapangan kepada Kapolda dan Kejaksaan Tinggi setempat.

“Sekali lagi agar kominda anda harus memantau dari waktu ke waktu. Jangan sampai sekitar sebulan anda baru berkumpul, dan harus lapor ke Kapolda dan Kejati masing-masing. Apa yang terjadi dan apa yang harus diantisipasi,” jelas dia.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge