0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkeu: Sebelum Desember, Dana Desa Cair

()

Wonogiri — Sebelum Desember 2015, dipastikan dana desa akan cair. Pasalnya, dana desa tersebut penting untuk pembangunan sarana dan prasarana desa. Pasalnya, sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dana desa  sangat penting bagi kemajuan desa.

“Dana desa ini sangat ditunggu-tunggu oleh desa, segera saja direalisasikan, bilamana sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Kepala Desa Manjung Kecamatan Wonogiri Kota,Parmin, di sela-sela kunjungan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brojonegoro, di PT Naga Bhuana Aneka Piranti 4,Kamis(12/11).

Menkeu Bambang Brojonegoro memastikan, dana desa bakal segera diturunkan. Ditegaskan, dana desa harus digunakan untuk membangun infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan desa.

“Yang membangun kalau bisa warga sendiri secara swakelola, jangan diberikan kepada kontraktor. Warga yang bekerja juga harus dibayar dengan wajar,” terangnya.

Selain itu, Bambang mengimbau bagi desa jiika dalam pembangunan memerlukan material, diupayakan menggunakan material dari sekitar desa. Jangan sampai malah mencari di daerah lain. Sehingga dana desa bisa dimanfaatkan bagi seluruh warganya. Sedang, total seluruh desa di Indonesia adalah 74.700 dengan total dana Rp 20 triliun. Kira-kira Rp 280 juta perdesa. Setiap desa juga harus memiliki minimal satu produk unggulan sehingga desa memiliki ciri-ciri produk.

“Syukur-syukur bisa diekspor. Misalnya produksi kayu sengon di Desa Manjung, Wonokerto, Wonoharjo, Kecamatan wonogiri,” terangnya.

Ditambahkan, budidaya sengon itu ramah lingkungan tanpa adanya pembakaran hutan seperti di Sumatera dan Kalimantan. Tanaman sengon cepat tumbuh, cepat bisa dimanfaatkan dan menjaga ekosistem.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge