0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Sepeda Listrik Karya Peneliti UNS

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi (tengah) sedang mencoba sepeda listrik karya tim peneliti UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Tim Peneliti Pusat Unggulan Strategi Nasional (PUSNAS) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyerahkan sepeda listrik hasil karyanya kepada Manager Pusdiklat UNS melalui Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi, di Gedung Pusdiklat UNS, Solo, Kamis (12/11).

“Sepeda listrik diharapkan dapat menunjang Program Green Campus,” pinta Rektor UNS sesuai acara.

Ravik mengatakan, selain murah, tidak bising dan dapat mengurangi polusi udara. Ke depan, UNS akan memberikan pula kendaraan listrik tersebut kepada para petugas pengantar surat, juga warga Asrama Mahasiswa yang beroperasional di kampus.

Untuk itu, kata Ravik, karya PUSNAS akan dikerjasamakan dengan PT Inka Multi Solusi, sebuah perusahaan di Madiun Jawa Timur , nantinya akan diproduksi untuk memenuhi pesanan termasuk pesanan pihak luar.

Sementara itu, salah satu anggota Tim Peneliti, Prof. Kuncoro Diharjo mengemukakan, sepeda roda 2 dengan 3 prototype yang diserahkan untuk operasional Pusdiklat sekaligus untuk Branding UNS.

Kuncoro mengatakan, riset kendaraan berbasis listrik ini mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 1 miliar untuk satu tahun ini, sebagai  realisasi hilirisasi kampus pada industri. “Saat ini telah dalam tahap komersialisasi skala massal  dan telah diproduksi 24 unit,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge