0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPU Klaten Janji Perbaiki Jalan Kalangan Tahun 2016

Warga Desa Kalangan, Pedan, Klaten menanam pohon pisang sebgai simbol rusaknya jalan (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Tuntutan warga Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, Klaten agar jalan kabupaten, desa setempat segera diperbaiki oleh pemerintah tampaknya bertepuk sebelah tangan. Pasalnya Pemkab Klaten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) menjanjikan perbaikan tahun depan.

“Bapak kepala dinas (DPU ESDM) sudah memberikan surat balasan yang intinya perbaikan akan diprioritaskan tahun anggaran 2016. Misal tuntutannya harus rampung semua tahun ini ya enggak mungkin,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga DPU Klaten Sumarno, Rabu (11/9).

Pihaknya memiliki keterbatasan anggaran yang menyebabkan tidak adanya perbaikan menyeluruh. Hal itu menyusul dipangkasnya anggaran pemeliharaan rutin tahun ini menjadi Rp 4,5 miliar.  Bertolak belakang dibandingkan tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 30 miliar.

Di sisi lain, kata Sumarno, pada bulan ini sudah ada perbaikan jalan di Desa Jetis Wetan, Pedan menuju Kecamatan Karangdowo. Akses jalan tersebut dirasa lebih penting dibandingkan jalan kabupaten yang melintasi Desa Kalangan. Selain itu juga satu akses dengan jalan di Kalangan.

“Kita tangani sementara dengan menutup lubang jalan memakai sirtu (pasir batu) agar tidak membahayakan pengguna jalan. Minggu-mingu ini sudah dropping material, minggu depan pengerjaan,” kata Sumarno saat ditemui di ruangannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu (8/11), ratusan warga Desa Kalangan menggelar aksi blokir jalan dan tanam pohon di ruas jalan yang rusak. Selain itu, jika tidak ada perbaikan, warga mengancam tidak menyalurkan suaranya (Golput) dalam Pilkada Klaten 9 Desember mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge