0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Unik, Mahasiswa Ini Upacara Hari Pahlawan Dalam Kereta Api

timlo.net/heru murdhani

Puluhan Mahasiswa ini dengan khidmat melaksanakan upacara dalam gerbong KA Kalijaga

Solo – Peringatan hari Pahlawan ke-70 tahun diperingati sekelompok mahasiswa di Kota Bengawan dengan cara yang unik. Mereka melakukan upacara bendera di dalam gerbong kereta api.

Selasa (10/11) Subuh, sejumlah mahasiswa dari Kampus Politeknik Indonusa mulai berdatangan ke Stasiun Solo Purwosari. Mereka berkumpul dan membagi tugas masing-masing. Setelah Kereta Api Kalijaga jurusan Semarang siap, mereka kemudian masuk ke dalam gerbong paling belakang.

Sesaat setelah kereta berangkat, mereka mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari inspektur upacara, tiang bendera, hingga petugas pengibaran bendera. Semuanya dipersiapkan dengan apik oleh para mahasiswa.

Seperti upacara bendera pada umumnya, upacara unik ini dimaksudkan untuk meneladani sejarah dan perjuangan para pahlawan. Selain itu, alasan mereka menggunakan sarana Kereta Api adalah untuk memasyarakatkan penggunaan transportasi umum.

“Para pejuang dulu juga bergerak dengan menggunakan transportasi umum, seperti kereta api ini, selain untuk mengenang itu, kita juga ingin memasyarakatkan penggunaan transportasi umum,” ungkap salah seorang panitia, Sendang Sekar.

Puluhan peserta dalam upacara ini juga menggunakan kostum yang unik dengan tema kepahlawanan. Selain upacara, mereka juga mengadakan lomba foto Selfie pejuang, dengan latar belakang kereta api.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge