0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Dapat Penghargaan BSN

timlo.net/eko prasetyo

Ravik Karsidi

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mendapatkan Penghargaan dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“UNS merupakan salah satu dari enam Perguruan Tinggi di Indonesia,” jelas Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi didamping Sekretaris LPPM UNS Ary Setyawan dalam keterangan pers di Rektorat UNS, Kentingan, Solo, Selasa (10/11).

Ravik mengatakan, penghargaan dari BSN merupakan penghargaan setinggi-tingginya atas kontribusi dalam pengembangan standarisasi nasional kategori Perguruan Tinggi. UNS nomor 3 setelah IPB, lalu ITB. Setelah itu, ada Ubaya (Universitas Surabaya), UGM (Universitas Gadjah Mada Jogja), dan Undip (Universitas Diponegoro Semarang)

Menurut Rektor UNS, diterima karena UNS mengembangkan standarisasi yang selama beberapa waktu terakhir ini telah diterapkan UNS dengan melibatkan peranan civitas akademisi perguruan tinggi itu dari semua komponen. Standarisasi, satuan ukuran, pengujian produk, sertifikasi, dan akreditasi sebagai langkah yang dilakukan UNS untuk mendapatkan pengakuan internasional, terkait visi UNS menuju World Class University.

Ravik mengemukakan, melalui dua Lembaga di UNS yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), keduanya sebagai Konseptor dan eksekutor standarisasi pihaknya merealisasikan MOU BSN dengan Ditjen Dikti tahun 2012, dan menyusun konsep tentang Kurikulum sesuai Standart Nasional Pendidikan, yakni Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Hal itu meliputi Kurikulum kalo dalam Pengajaran Pendidikan PBM, Fasilitas yang ada, itu berarti kami melakukan standarisasi kurikulumnya, Pengembangan Mata Kuliah Standarisasi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge