0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Banjir, DPU Solo Cek Semua Pintu Air

(Ilustrasi) Banjir menggenangi jalan di Solo beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/red)

Solo – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo melakukan pengecekan kondisi pompa air termasuk pintu air dan juga drainase di seluruh wilayah Kota Solo. Sejumlah kerusakan dan kebocoran pintu air yang mengakibatkan genangan di beberapa wilayah sudah diperbaiki. Pintu air di Solo ini dipastikan siap untuk menghadapi datangnya musim hujan.

“Kita sudah lakukan pengechekan terhadap beberapa pintu air, diantaranya di Demangan, Joyontakan dan Kedung Belang. Termasuk kita sudah perbaiki kebocoran pintu air Gandekan, Jebres, yang mengakibatkan meluapnya anak sungai Pepe ke Taman Cerdas Gandekan beberpa beberapa waktu lalu,” kata Kepala Bidang Drainase DPU setempat, Arif Nurhadi, Senin (9/11).

Sebagai tindakan antisipasi tambahan, DPU juga menyiagakan tiga unit pompa air portabel. Pompa ini juga sudah dipastikan dalam keadaan prima untuk siap diterjunkan jika banjir tiba.

Beberapa kawasan juga telah dipetakan sebagai daerah yang rawan banjir, seperti di kawasan Pasar Kliwon dan Semanggi. Hal ini disebabkan lokasi kedua wilayah ini memang tergolong cukup rendah, sehingga kerab menjadi langganan banjir.

Dikatakan Arif, tahun ini Pemkot Surakarta merevitalisasi dan membuat drainase di sejumlah tempat, seperti semanggi utara jalan Kyai Mojo selebar satu meter. Selain itu juga kawasan jalan Jenndral Sudirman juga dibuatkan saluran besar ke arah Sungai Pepe. Sejumlah perbaikan drainase ini dipastikan selesai akhir tahun 2015.

“Saya harap dengan antisipasi ini, tidak ada kawasan yang tergenang banjir lagi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge