0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Datang, Pedagang Pasar Klewer Resah

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Solo, Subagyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Datangnya musim penghujan membuat sejumlah pedagang Pasar Klewer resah. Pasalnya, pedagang yang selama ini menempati pasar darurat di kawasan Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, khawatir pasar yang mereka tempati akan tergenang air hujan. Hal itu disebabkan oleh sistem drainase yang kurang baik.

“Kami meminta kepada pemkot untuk bisa menyediakan pompa air, dan memperbaiki sistem drainase yang ada. Karena memang sistem drainasenya tidak begitu bagus, hari sabtu lalu saja tergenang air, setelah hujan deras,” ungkap Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani, Senin (9/11).

Dia menceritakan kios yang tergenang air cukup banyak, diantaranya adalah Blok, AA, Blok BB dan Blok CC. Dia menduga tergenangnya kios ini lantaran saluran drainase tersumbat sampah serta material bekas pembangunan.

Dia mengingatkan kepada seluruh pengunjung pasar, serta pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan, yang akan berkaibat banjir.

Terpisah Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Surakarta, Subagyo mengaku sudah melakukan tindakan untuk mengatasi genangan air di pasar daurat saat terjadi genangan. Dia mengatakan telah membuat sudetan untuk memperlancar pembuangan air. Subagyo menjelaskan, genangan yang terjadi di pasar daurat disebabkan air dari darinase cross dengan air yang dari jalan.

“Selain itu kita sudah siapkan satu unit pompa air dengan kekuatan 5PK, saya yakin itu cukup, dan tidak akan terjadi genangan lagi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge