0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembebasan Lahan Proyek Tol Soker Tinggal 10 Persen

timlo.net/nanang rahadian

Proyek tol Solo-Kertosono di Karanganyar

Karanganyar — Proyek pembangunan Jalan tol Solo-Kertosono (Soker) yang berada di Kabupaten Karanganyar belum rampung dikerjakan. Pembangunan tersebut saat ini masih terkendala pembebasan lahan di sejumlah titik di Karanganyar.

“Beberapa bidang tanah di Kabupaten Karanganyar yang sampai Oktober kemarin belum bisa dibebaskan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Karanganyar Samsi, Senin (9/11).

Samsi mengatakan, beberapa desa yang belum terjadi kesepakatan tentang ganti rugi diantaranya berada di Desa Klodran dan Ngasem Kecamatan Colomadu, Desa Jatikuwung, Jeruksawit, Wonorejo dan Karangturi Kecamatan Gondang Rejo.

Pihaknya bersama Satuan Kerja (Satker) pembangunan jalan Tol Solo-Kertosono sudah terus mengupayakan pembebasan tanah tersebut. Akan tetapi kendala di lapangan membuat pembebasan lahan belum bisa rampung seluruhnya. Sehingga proses pembangunan jalan Tol yang menjadi bagian dari Trans Jawa itu belum bisa dikerjakan sepenuhnya.

“Kalau dihitung yang berhasil dibebaskan sudah sampai sekitar 90 persen, namun sisanya yang sepuluh persen ini yang agak sulit,” ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama Satker pembangunan jalan tol terus berupaya melakukan pembebasan lahan yang masih tersisa. Negosiasi terus dilakukan bersama para pemilik tanah yang terdampak proyek jalan tol. Ia berharap proses negosiasi itu bisa berjalan dengan lancar dan pembebasan lahan bisa segera diselesaikan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge