0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut MEA, Kemperin RI Gelar Bimtek Wirausaha Industri

timlo.net/aditya wijaya

Peserta bimtek penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri di Klaten

Klaten — Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Dirjen IKM) Wilayah II Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop dan UMKM) Klaten menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri di Klaten, Senin-Jumat, (9-13/11).

“Pelatihan ini diikuti 170 peserta berlangsung selama lima hari dengan enam kali pelatihan. Adapun materi bimtek 20 persen teori dan 80 persen praktek,” kata ketua panitia penyelenggara, Ismodian, Senin (9/11).

Sedangkan Dirjen IKM Wilayah II Kementrian Perindustrian, Roy Sianipar mengatakan, pemerintah mendorong munculnya wirausahawan baru yang kreatif dan mampu memproduksi bahan baku untuk menjadi barang berkualitas dan memberikan nilai tambah.

Bimtek tersebut perlu terus dikembangkan dalam rangka menyambut MEA (masyarakat Ekonomi Asean). Harapannya, mampu mencetak dan menumbuhkan wirausaha baru di bidang industri dan penggerak bagi ekonomi lokal di Kabupaten Klaten.

“Dari pengalaman, misal ada 100 orang yang dilatih, maka jika ada 10 yang sukses itu luar biasa. Minimal bisa mengangkat perekonomian keluarga,” katanya disela-sela kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Tjokro Klaten.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani menyampaikan, kedepan pemerintah akan memberikan bantuan berupa mesin untuk mendukung wirausaha bidang pangan, meubel, pembuatan pupuk, usaha konveksi, dan pavling blok. Diharapkan para peserta juga bisa menularkan ilmunya ke masyarakat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge