0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Ekstrim, Boyolali Waspada Bencana

timlo.net/nanin

Pohon tumbang akibat angin kencang

Boyolali — Masyarakat Boyolali diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul tingginya potensi bencana memasuki musim penghujan. Diprediksi dua bulan ke depan, cuaca sangat ekstrim. Cuaca ekstrim tersebut diindikatorkan banyak awan hitam pekat, kilat dan halilintar.

“Hujan dengan potensi sedang dan besar namun sebentar, serta angin kencang, ini yang harus diwaspadai,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Senin (9/11).

Beberapa bencana yang patut diwaspadai, angin puting beliung yang menyebabkan pohon tumbang, longsor, dan kebakaran rumah. Diantara potensi bencana tersebut, pihaknya menekankan kewaspadaan akan bahaya kebakaran rumah. Pasalnya, meski memasuki musim penghujan, namun potensi kebakaran masih sangat tinggi terutama di perumahan perkotaan.

“Bila awan hitam pekat, sebaiknya matikan televisi atau perangkat elektronik lainnya, karena dapat mengakses kilat yang bisa mengakibatkan kebakaran,” sambungnya.

Sementara itu bagi pecinta kegiatan di alam, seperti pendaki, dihimbau untuk lebih berhati-hati. Pendaki diminta untuk menghindari areal terbuka dan dilarang berlama-lama di puncak.

“Jangan berada di tanah lapang, rentan terkena sambaran petir,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge