0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siapkan Generasi Sehat Usia Pendidikan Perempuan Diperpanjang

timlo.net/putra kurniawan

Gubnernur Jateng Ganjar Pranowo saat memperingati HKN di Sukoharjo

Sukoharjo — Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Kesehatan Ibu dan Anak mengapresiasi program Provinsi Jawa Tengah dengan nginceng wong meteng. Namun demikan, program menunda kehamilan bisa juga dilakukan dengan memperpanjang program wajib belajar.

“Sudah sangat bagus, bisa juga untuk menunda perkawinan ini dengan memperpanjang usia pendidikan bagi perempuan, kalau sekarang sudah ada yang 12 tahun, ya bisa 15 tahun, dengan demikian usia pernikahan juga mundur,” kata Dirjen Bina Gizi KIA Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, Minggu (8/11).

Dengan langkah ini perempuan sudah benar-benar matang dan siap secara pskologis dan kesehatan untuk menikah. Sehingga resiko kematian ibu hamil dan melahirkan karena anemia atau faktor lainnya bisa lebih dikurangi.

Selain itu, juga diusulkan program kesehatan sekolah dengan menanamkan sedini mungkin perilaku hidup sehat dan pengetahuan tentang kesehatan. Dicontohkan, merawat antar teman di UKS, berburu jentik dan gerakan mencuci tangan dengan sabun, dan masih banyak kampanye dan pengetahuan yang bisa ditanamkan sejak dini.

“Yang penting juga, kepedulain antar teman satu teman merawat teman lainnya saat terjadi gangguan kesehatan harus kita dorong,” tandas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge