0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Persen Guru Belum Terdaftar UKG

timlo.net/eko prasetyo

Sumarna Surapranata

Solo – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sumarna Surapranata, PhD menyatakan, saat ini masih ada sebesar 5 persen guru yang belum terdaftar Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2015 karena belum terakomodasi. Sedang 95,5 persen yang bakal mengikuti UKG.

“UKG tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 11 – 27 Nopember 2015,” jelas Sumarna Surapranata kepada wartawan menjelang menjadi narasumber Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, di Kampus Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Sabtu (7/11).

Menurut Sumarna, saat ini jumlah total ada sebanyal 2,9 juta orang yang terdaftar di dapodik. Ada sebanyak 340.000 guru yang belum melakukan UKG sekarang, karena mereka guru agama, dan di bawah Kementerian Agama.

“Entar Kemendikbud dan Kementerian Agama akan melakukan koordinasi,” ujarnya.

Sumarna mengatakan, UKG dianggap sebagai general check up atau sebagai memetakan kompetensi. Sehingga bisa diketahui kekurangan pada masing-masing guru bersangkutan. Bagi yang kurang kompetensinya, bisa ditingkatkan.

“Pelaksanaan UKG ini sesuai pasal 10 Undang-Undang Guru dan Dosen. Dan semua guru harus ikut UKG agar mendapatkan potret yang sempurna,” jelasnya.

Hasil UKG, menurut dia, akan diberikan kepada pihak yang berkepentingan, seperti Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah setempat. Kalau sekolah ingin berkepentingan ingin meningkatkan kompetensi guru maka akan diberikan.

“Bagi guru yang hasil UKG mendapatkan nilai rendah akan diberikan diklat,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge