0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendidikan Pancasila Harus Dilakukan Kepada Kader Parpol

timlo.net/eko prasetyo

Pendidikan Pancasila

Solo – Pendidikan ideologi Pancasila harus dilakukan kepada para kader partai politik (parpol) yang nanti akan menjadi pemegang otoritas politik. Mereka inilah harus menjadi sasaran prioritas, sebab merekalah yang akan memiliki kewenangan yang setiap keputusannya mengikat warga masyarakat.

Demikian ungkap Peneliti Senior Centre For Strategic And International Studies (CSIS), J Kristiadi saat berbicara mewujudkan kehidupan politik yang bermartabat berdasar Pancasila pada Temu Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS), di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Sabtu (7/11).

Kristiadi mengatakan, transformasi politik tanpa disertai dengan pembangunan karakter yang didasarkan nilai-nilai luhur bangsa dapat dipastikan hanya akan merusak tatanan dan menghacurkan masa depan bangsa dan negara.

“Oleh karena itu pembangunan karakter harus pula menjadi salah satu agenda urgensi,” tandas Peneliti CSIS.

Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, menurut Kristiadi, diharapkan kehidupan politik menjadi lebih mulia. Kehidupan politik lebih bermartabat. Kedepan diharapkan, mereka yang akan terjun ke medan politik harus berbekal niat untuk berjuang bagi kepentingan bangsanya.

“Bukan mencari gelimang kemewahan dan kekuasaan,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge