0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Butuh Uluran Tangan, Pasangan Renta Ini Terlantar di Lahan Milik Pemkot

timlo.net/heru murdhani

Pasangan Sukasno dan Samiyem

Solo — Sungguh malang nasib pasangan Sukasno dan Samiyem. Alih-alih bisa hidup enak di hari tua, mereka malah hidup terlantar di sebuah gubug reyot di lahan milik pemerintah Solo, di kawasan Pedaringan Solo.

Gubug reyot berukuran 2×3 meter itu ditinggali Sukasno sejak tujuh tahun terakhir. Hal ini disebabkan dirinya sudah tak mampu lagi untuk bekerja dan mengontrak rumah. Gubuk itu tampak memprihatinkan, karena tepat berseberangan dengan tempat sampah.

“Dulu simbah Kasno itu menarik becak, tapi sekarang sudah tidak kuat. Sudah tidak bisa membayar kontrakan rumah, terus kami tinggal disini,” ungkap Samiyem, Sabtu (7/11).

Samiyem menceritakan, mereka hidup dengan mengandalkan belas kasihan orang lain. Dia mengatakan kadang ada mahasiswa yang datang untuk memberi mereka makan dan minum. Sedangkan untuk urusan mandi, Samiyem dan suaminya mengandalkan fasilitas umum yang ada di komplek Pedaringan.

“Jangankan kamar mandi, lampu saja tidak ada. Hanya pakai lilin,” kata dia.

Kondisinya yang renta yang dialami Sukasno semakin parah, lantaran kakinya mengalami kelumpuhan. Selain itu, Sukasno juga kesulitan untuk berbicara dan berkomunikasi. Lain halnya dengan Samiyem, meskipun badannya bugar, nenek berusia 70 tahun ini sedikit mengalami gangguan kejiwaan.

Saat ditelisik tentang identitas kependudukan mereka, sejoli yang tak dikaruniai anak ini mengaku KTP mereka dibawa orang dari yayasan sosial. Namun mereka tidak bisa menjelaskan yayasan sosial tersebut ada di mana.

Terpisah, salah satu penjaga keamanan di kawasan Pedaringan, Totok mengatakan, Sukasno dan Samiyem telah lama tinggal di kawasan tersebut.

“Saya tidak tahu kapan persisnya dia tinggal disitu, tapi sudah sejak lama. Biasanya untuk makan ada mahasiswa dari UNS yang membawakan makanan untuk mereka,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge