0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMS Akan Bahas Perlindungan Hak Pendidikan Anak

Logo UMS (dok.timlo.net/gg)

Sukoharjo — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan membahas Perlindungan Hak Pendidikan Anak, di Auditorium UMS, Kartasura Sukoharjo, Sabtu (7/11). Sebagai narasumber yakni Bodil Rasmusson selaku mentor Sekolah Ramah Anak (SRA) Lund University Swedia dan Monika Lundin dari lembaga evaluasi independen Evolute Swedia.

“Akan dibahas bagaimana cara melibatkan anak dalam bidang pendidikan,” jelas Kepala Humas UMS, Anam Sutopo kepada wartawan, di Kampus UMS, Jumat (6/11).

Anam mengatakan, pembahasan akan menekankan SRA yakni anak sebagai subyek dan obyek dalam pembelajaran. Menerapkan mekanisme pembelajaran tanpa adanya hukuman dengan pendekatan ini, tanpa ada paksaan. Dan penyampaiannya bisa dalam bentuk aturan, sarana dan prasarana yang familiar bagi anak.

Anam mengatakan, model SRA menerapkan pendidikan tidak berdasarkan perintah dan tuntutan namun kemauan anak. Diharapkan dari metode tersebut, anak-anak mampu tumbuh secara alami dan penuh nilai natural.

Dalam penerapan SRA ini, kata Anam, peran guru murni sebagai fasilitator dan motivator dalam perkembangan anak. Mereka mengarahkan sesuai dengan kebutuhan anak. Guru tidak boleh memberikan apa yang dimilikinya tanpa mengetahui apa yang diinginkan anak. Prinsipnya tidak boleh memaksa anak

Adapun pesertanya, diantaranya, seluruh dosen PGSD, mahasiswa, Kaprodi dan Sekprodi serta pejabat di FKIP UMS, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah se Surakarta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge