0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kafein Bantu Orang Yang Malas Untuk Berolahraga

Kopi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Obat psikoaktif tertentu seperti kafein, disebut “untuk orang malas”, bisa mendorong orang yang tidak aktif untuk berolahraga. Selain kekurangan waktu, anggapan jika olahraga menguras energi menjadi penghalang utama kenapa orang malas berolahraga. Hal ini, menurut para peneliti, tidak mengherankan karena manusia berkembang menjadi pemalas untuk menghemat energi. Samuele Marcora, kepala peneliti di University of Kent’s School of Sport and Exercise Sciences di UK, menyarankan jika ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendorong orang lebih aktif. Misalnya mengurangi  persepsi jika olahraga itu menguras energi, bisa dilakukan dengan penggunaan kafein atau obat psikoaktif lainnya (misal methylphenidate dan modafinil).

Walaupun mengakui jika cara ini drastis dan kontroversial, Marcora menekankan jika persepsi jika olahraga menguras energi adalah alasan utama orang memilih aktivitas pasif untuk mengisi waktu luang. Dibandingkan menonton televisi (yang tidak menguras energi), aktivitas fisik moderat seperti berjalan dianggap menguras energi. Marcora berkata jika menemukan cara untuk membuat orang dengan motivasi yang sangat rendah bisa melakukan olahraga sedang seperti berjalan, adalah sesuatu yang bermanfaat.

Mengurangi anggapan jika olahraga mengurasi energi juga akan sangat berguna untuk banyak orang. Terutama bagi mereka yang kelebihan berat badan atau yang hanya bisa berolahraga setelah bekerja yang biasanya mengalami kelelahan mental. Penelitian ini diterbitkan di jurnal Sports Medicine.

Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge