0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Google Ingin Rancang Chip Android

Android M.
Android M. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net—Google sudah mulai perlahan-lahan terjun ke bidang hardware. Pertama mereka merilis Nexus Q yang tidak sukses, lalu Chromebook Pixel, Chromecast dan Pixel C yang akan dirilis. Sekarang, sebuah rumor baru menyatakan jika Google ingin mulai mendesain chipset mereka sendiri untuk Android. Pesaing mereka, Apple sudah lama mendesain chipset yang digunakan di iPhone dan iPad.

Menurut The Information, Google akan mulai mendesain chipset mereka sendiri pada musim gugur ini dan alasannya karena mereka ingin membangun sebuah alat konektivitas untuk kalangan enterprise. Wujud alat itu sendiri belum jelas, tapi bisa jadi merupakan versi enterprise dari router OnHub, atau mungkin terkait dengan Pixel C. Pemberitaan itu juga menyatakan Google mungkin berencana mendesain chip untuk smartphone juga supaya ada integrasi software dan hardware yang lebih baik.

Supaya rencana mereka berhasil, tentunya Google harus mencari pabrik rekanan untuk memproduksi chipset ini. Mereka juga harus bisa menyakinkan pabrikan hardware seperti Samsung untuk menggunakan chip yang mereka desain. Atau Google bisa membuka kesempatan kerja sama dengan rekanan seperti Samsung dan Qualcomm untuk turut serta merancang chipset itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge