0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perusahaan Diingatkan tentang Budaya Pagar Mangkok

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Budaya pagar mangkok kembali diingatkan Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada sejumlah perusahaaan di Karanganyar. Maksudnya adalah perusahaan wajib menyejahterakan masyarakat sekitar perusahaan.  Salah satu cara yang ditempuh melalui program corporate social responsibility (CSR).

“Saya kira perlu digerakkan keberpihakan dunia usaha. Pagar mangkok mudah-mudahan menyejahterakan. Sebagian keuntungan perusahaan bisa memberikan kemanfaatan untuk orang lain,” kata Bupati Juliyatmono ditemui wartawan usai Rapat Koordinasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSLP) Perusahaan Dalam Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Soloraya, Selasa (3/11).

Juliyatmono menuturkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar dapat ambil bagian pada kegiatan CSR. Tetapi, bukan pada fungsi mengumpulkan dana dari perusahaan untuk CSR. Fungsi Pemkab menyuguhkan data warga yang layak mendapat bantuan.

“Pemerintah tidak akan mengumpulkan dana dari perusahaan untuk CSR. Kalau dikoordinir malah tidak tepat sasaran. Tapi, kami memberikan data siapa saja yang berhak menerima CSR. Dan harapan kami semuanya terjadwal,” jelas Bupati.

Rapat kooordinasi dihadiri perwakilan sejumlah perusahaan di Karanganyar, perwakilan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi se-Soloraya, dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Kepala Seksi (Kasi) Pencairan Dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Dinas Sosial Provinsi Jateng, Heni Herlina, menjelaskan CSR yang dilaksanakan perusahaan di Jateng untuk mengatasi kesejahteraan sosial di Jateng dan mewujudkan Jateng lebih sejahtera.

“Rapat koordinasi agar ada koordinasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat melalui CSR. Tujuan akhirnya meningkatkan kesejahteraan sosial di Jawa Tengah,” ungkap dia saat memberikan sambutan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge