0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polri Terus Benahi Mental dan Psikologi Anggota

merdeka.com

Gedung Mabes POLRI

Timlo.net — Kasus bunuh diri yang dilakukan Kanit Lantas Polsek Cipondoh Iptu Budi Riyono, Sabtu (31/10) lalu, menambah daftar anggota polisi yang nekat mengakhiri hidupnya. Hal itu mendapat tanggapan dari berbagai pihak, salah satunya Mabes Polri.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Agus Riyanto mengatakan, anggota polisi nekat bunuh diri kemungkinan disebabkan karena dua hal, yakni faktor internal dan eksternal. Dirinya membantah jika anggota polisi banyak bunuh diri lantaran tekanan tugas.

“Itu hanya segelintir anggota saja yang nekat melakukan hal itu, enggak ada tekanan pimpinan dalam bertugas,” kata Agus saat di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/11).

Agus memaparkan, untuk mencegah kejadian seperti ini, pihaknya terus melakukan evaluasi kondisi personel Polri terutama dalam hal penataan mental anggota dalam menjalankan tugasnya.

“Makanya kita terus melakukan evaluasi kondisi anggota, terutama kondisi mental psikologi dalam melaksanakan tugasnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, jenderal bintang satu ini menegaskan bila seseorang sudah dilantik menjadi anggota polri, maka saat itu segala tanggung jawab harus dilaksanakan. Terlepas dari tekanan pimpinan maupun tugas wajib sudah selayaknya dijalankan dengan baik.

“Kerja polisi itu masalah tanggung jawab dengan permasalahan yang ada, tekanan dalam artian menjalankan tugasnya. Enggak bisa pimpinan menekan bawahan. Ada peraturan Kapolri, di salah satu pasal disebutkan anggota polisi boleh tidak melaksanakan perintah pimpinan yang melanggar aturan,” paparnya.

Sebelumnya, dalam catatan Indonesian Police Watch (IPW), dalam sepuluh bulan terakhir ada enam kasus polisi bunuh diri di Indonesia.

“Sepanjang 10 bulan di 2015 sudah terjadi 6 kasus polisi bunuh diri, dua di antaranya bunuh diri di rumah pacarnya di Jakarta,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com, Senin (2/11).

Menurut Neta, maraknya kasus bunuh diri anggota polisi menunjukkan kontrol emosi seorang perwira Polri masih dipertanyakan. Sebab, kata Neta, kasus polisi bunuh diri dari waktu ke waktu menunjukkan tren peningkatan.

“Dalam 5 bulan pertama 2015 ada 3 polisi bunuh diri. Di tahun 2014 juga ada 3 polisi bunuh diri. Jumlah anggota Polri yang bunuh diri di tahun 2013 naik 300 persen lebih, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” bebernya.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge