0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal PLTPB, Bupati Enggan Disebut Berseberangan Dengan Gubernur

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar Juliyatmono tetap bersikukuh menolak proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Gunung Lawu. Namun Bupati enggan disebut berseberangan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pasalnya gubernur juga dengan tegas menyetujui eksplorasi panas bumi tersebut.

“Perspektifnya sama, tidak ada perbedaan. Kami melihat dari perspektif lingkungan hidup,” kata Juliyatmono, Selasa (3/11).

Menurut dia, gubernur melihatnya secara rasionalitas perlu ada energi terbarukan karena pasokan listrik mulai kekurangan. Bupati optimistis kebutuhan energi terbarukan dan pemeliharaan keanekaragaman hayati Gunung Lawu dapat dapat bersinergi. Salah satu cara yang ditempuh melalui kajian bersama.

“Perlu sinergi melalui kajian ilmiah bersama. Kajian penting untuk membuka wacana bersama,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan dari kajian yang dilakukan dari semua disiplin ilmu akan didapat kesimpulan yang terbaik.

Bupati mempertimbangkan apakah kebijakan tersebut strategis, bagaimana kelestarian alam, apa dampak eksplorasi, dan apakah PLTPB harus dilakukan di Gunung Lawu.

“Kalau memang kebijakannya strategis dan kelestarian lingkungan bisa dijaga, kita tetap welcome,” katanya.

Namun, bupati enggan berandai-andai apabila proyek tersebut terlaksana. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah meloloskan tiga rekanan pada seleksi tahap pertama.

“Prosedur yang dilewati masih panjang. Masih ada studi amdal dan kajian. Kami juga mengkaji. Kami akan mengkaji sehingga apa yang kami sodorkan nanti memakai pendekatan ilmu. Bukan soal siapa yang punya kewenangan, tetapi ending-nya sama-sama sejahtera,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge