0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Swasembada Beras, Pangdam IV : Jateng Sudah Mencapai 80 Persen

timlo.net/aditya wijaya

Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi saat mengunjungi Kodim Klaten

Klaten — Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi optimis Jawa Tengah bisa mencapai swasembada beras. Hal itu dia sampaikan saat menyambangi markas Kodim 0273/Klaten.

“Sampai saat ini sudah tercapai 80 persen dari target produksi yang diminta pemerintah sebanyak 505 juta ton gabah,” ungkap Mayjen TNI Jaswandi, Kamis (5/11).

Selama 10 bulan terakhir pihaknya telah melakukan pendampingan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan terutama padi. Upaya tersebut juga harus didukung oleh rakyat, pemerintah, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan petani itu sendiri.

Di sisi lain, secara nasional jumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan ujung tombak dalam upaya penyuluhan pertanian masih terjadi kekurangan. Kendati demikian, pihaknya tidak akan melakukan penambahan personel dan menghimbau agar dalam menjalankan tugas negara hal itu tidak dijadikan alasan.

“Hingga saat ini TNI Angkatan Darat (AD) telah menerjunkan sekitar 50 ribu personel Babinsa dengan tugas tambahan sebagai penyuluh pertanian. Tugas tambahan ini untuk menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad),” jelas Pangdam.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge