0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Suntoro: Kanal Efektif Padamkan Kebakaran Gambut

Pakar Pertanian UNS, Prof Dr Suntoro (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pakar Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Dr Suntoro menyatakan, kanal di kawasan hutan lahan gambut efektif untuk memadamkan kebakaran kawasan hutan lahan gambut.

“Bahkan mengantisipasi kebakaran terulang,” ujar Suntoro saat mengkomentari manfaat kanal hutan di lahan gambut di Kampus UNS, Kentingan Solo, Kamis (5/11).

Suntoro mengemukakan, kebakaran hutan di lahan gambut yang terjadi  memang sulit dipadamkan. Pasalnya, kebakaran hutan lahan gambut ini seperti api dalam sekam. Dari atas tidak kelihatan namun di bawah terdapat bara api.

Suntoro mengatakan, kanal-kanal memang musti dibangun di kawasan lahan gambut. Apabila kanal ini dibangun dengan baik, maka akan dapat memberikan kelengasan atau kandungan air di hutan lahan gambut terairi dengan baik. Dengan begitu kebakaran hutan di lahan gambut dapat dicegah.

Mantan Dekan Fakultas Pertanian UNS ini menambahkan, kebakaran hutan lahan gambut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya kebakaran dalam menyiapkan penanaman tanaman musiman dengan membakar gulma dan alang-alang agar bersih, kebakaran akibat gesekan kayu-kayu yang menimbulkan titik api dan kebakaran untuk menyiapkan lahan baru.

“Pemkabaran hutan untuk persiapan lahan baru ini sangat parah. Biasanya ini dilakukan oleh pihak-pihak yang menginginkan lahan baru. Dan ini tidak bisa terkendali,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge