0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

merdeka.com

BPS

Timlo.net – Pertumbuhan Ekonomi (PE) Indonesia pada triwulan III tahun ini tumbuh 4,73 persen. Sumbangan pertumbuhan terbesar datang dari sektor informasi dan komunikasi.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi didukung oleh hampir semua lapangan usaha, kecuali pertambangan dan penggalian yang mengalami kontraksi sebesar 5,64 persen.

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh informasi dan komunikasi sebesar 10,83 persen,” ujar Sasmito, Kamis (5/11).

Sektor lain yang juga bertumbuh cukup tinggi adalah sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar 10,35 persen, diikuti oleh sektor jasa pendidikan yang tumbuh sebesar 8,25 persen.

“Struktur PDB Indonesia menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan III-2015 tidak menunjukkan perubahan yang berarti,” imbuh Sasmito.

Struktur perekonomian masih didominasi oleh tiga lapangan usaha yakni industri pengolahan sebesar 20,41 persen; pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 14,57 persen; dan perdagangan besar-eceran; reparasi mobil-sepeda motor sebesar 13,09 persen.

Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III-2015 (yoy), industri pengolahan memiliki sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 0,92 persen, diikuti konstruksi sebesar 0,65 persen; informasi dan komunikasi sebesar 0,48 persen; dan pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 0,46 persen.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge