0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DAU Berlebih, 14 Proyek Fisik di Solo Jadi Prioritas

Pembangunan Plasa Manahan (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Jumlah dana alokasi umum (DAU) yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk tahun depan sebesar Rp 841 miliar atau naik Rp 128 miliar dibanding DAU tahun ini. Jumlah itu lebih besar Rp 55 miliar dari asumsi DAU yang dipasang di Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2016 sebesar Rp 780 miliar.

“Dalam pembahasan KUA PPAS APBD 2016 kemarin, kita sepakati DAU Rp 780 miliar. Saat itu kan menunggu penetapan APBN 2016. Ternyata, setelah turun, DAU yang kita terima sebesar Rp 841 miliar atau lebih Rp 55 miliar,” kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Honda Hendarto kepada wartawan, Kamis (5/11).

Dengan kepastian DAU yang lebih besar itu, lanjut Honda, dipastikan beberapa proyek fisik yang sebelumnya terancam tidak mendapat anggaran bisa dikerjakan di tahun depan. Total ada 14 proyek fisik yang menjadi prioritas. Namun, proyek mana saja yang bakal dibiayai akan menjadi pembahasan dalam rapat singkronisasi Banggar dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kelebihan Rp 55 miliar. Itu yang akan kita singkronisasi. Ada 14 pekerjaan prioritas di antaranya menyelesaikan Plaza Manahan dan Monjari (Monumen 45 Banjarsari),” bebernya.

Honda melanjutkan, selain untuk membiayai kelanjutan proyek fisik yang sudah berjalan, DAU juga akan diprioritaskan mengkaver proyek yang menyangkut kebutuhan vital masyarakat seperti pembangunan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang ambruk beberapa waktu lalu. Kemudian kelanjutan pembangunan gedung SMP, drainase dan jalan lingkungan.

“Seperti apa besaran pagunya nanti dibahas di Banggar,” ungkapnya.

Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa membenarkan adanya kepastian bantuan keuangan dari pusat. Lantaran itu, Banggar bersama TAPD perlu melakukan sinkronisasi anggaran.

“Meski sudah dapat anggaran dari pusat, kami masih perlu membahas alokasi untuk dana pendampingnya. Termasuk membahas besaran anggaran yang dialokasikan untuk proyek yang dibiayai DAU,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge