0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Korupsi, Kejari Wonogiri Bentuk Tim TP4D

Pengambilan sumpah janji Tim TP4D Kejari Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Untuk pencegahan dini kasus korupsi di Wonogiri dan menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015, Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri mengangkat dan melantik Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan Pembangunan Daerah (TP4D). Tim TP4D yang merupakan pegawai internal Kejari Wonogiri bakal diterjunkan untuk melakukan pencegahan dini akan korupsi.

“Tugas tim ini nanti akan memberikan sosialisasi, konsultasi,penerangan dan penyuluhan hukum kepada pemerintah daerah utamanya keuangan daerah,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri, Dwi Setyo Budi Utomo, Kamis (5/11).

Dwi mengatakan, upaya tim nanti hanya sebatas antisipasi dan memberikan sosialiasasi di SKPD di lingkup Pemkab Wonogiri. Dimana terkait penyerapan anggaran atau pengadaan barang dan jasa merupakan kewenangan pemerintah daerah. Hanya saja, kata Dwi, tim TP4D nantinya apabila di lapangan menemukan indikasi penyelewengan tetap akan ditindak.

“Sifatnya kita itu kan preventif,” jelasnya.

Dikatakan, pembentukan Tim TP4D di tingkat Kejari kemungkinan kali pertama di Jawa Tengah adalah Wonogiri. Sedang,tim TP4D sendiri melibatkan beberapa unsur, yakni dari Pidsus, Datun dan Intel dengan jumlah petugas sebanyak 9 orang.

“Tim ini diketuai Kasi Intel Kejari,” katanya.

Ditambahkan, upaya tim ini bukanlah upaya melegalkan korupsi, akan tetapi mengacu kejadian beberapa waktu lalu. Dimana banyak sekali pemerintah daerah yang  anggaran di beberapa tidak terserap.

“Ketika terjadi pelanggaran kita akan ambil tindakan represif lagi, bukan lagi tindakan peventif,” imbuhnya.

Dia pun berharap, dengan upaya pembentukan Tim TP4D tersebut dapat menekan angka korupsi di Wonogiri. Di sisi lain, dengan sosialiasasi TP4D diharapkan tidak akan ada ketakutan dijajaran SKPD dalam melakukan segala sesuatu pekerjaan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge